TATA KELOLA PERUSAHAAN

Komite Nominasi dan Remunerasi

PT Kencana Energi Lestari Tbk("Perseroan") merupakan perusahaan terbuka berdasarkan Anggaran Dasar Perseroan No.50 tanggal 10 Mei 2019.Sebagaiperusahaan terbuka,Perseroan dalam menjalankan kegiatan usahanya harus memenuhi seluruh ketentuan perundang-undangan yang berlaku,termasuk dalam bidang Pasar Modal.

Berdasarkan ketentuan Pasal 2 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No. 34/POJK.04/2014 tentang Komite Nominasi dan Remunerasi Emiten atau Perusahaan Publik (POJK34/2014"),Emiten atau Perusahaan Publik wajib memiliki fungsi Nominasi dan Remunerasi, yang pelaksanaannya wajib dilaksanakan oleh Dewan Komisaris. Dalam menjalankan fungsi Nominasi dan Remunerasi tersebut, Dewan Komisaris dapat membentuk Komite Nominasi dan Remunerasi.

Dewan Komisaris Perseroan, berdasarkan Keputusan Dewan Komisaris tanggal 10 Desember 2019, telah menetapkan bahwa pelaksanaan fungsi Nominasi dan Remunerasi Perseroan akan dijalankan oleh Komite Nominasi dan Remunerasi.

Pedoman pelaksanaan fungsi Nominasi dan Remunerasi ini ("Pedoman") disusun dalam rangka memenuhi ketentuan Pasal 20 POJK 34/2014, dengan tujuan menjadi pedoman bagi Dewan Komisaris untuk dapat melaksanakan fungsi Nominasi dan Remunerasi dengan baik dan sejalan dengan komitmen Dewan Komisaris Perseroan dalam menerapkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance).

Untuk Pedoman Fungsi Nominasi dan Remunerasi Selengkapnya, silakan klik di sini

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB KOMITE NOMINASI DAN REMUNERASI

I. TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB TERKAIT FUNGSI NOMINASI
  1. Memberikan rekomendasi kepada Dewan Komisaris mengenai :
    1. Komposisi jabatan anggota Direksi dan/atau Dewan Komisaris;
    2. Kebijakan dan kriteria yang dibutuhkan dalam proses Nominasi anggota Direksi dan/atau anggota Dewan Komisaris;
    3. Kebijakan dan evaluasi kinerja bagi anggota Direksi dan/atau anggota Dewan Komisaris; dan
    4. Program pengembangan untuk anggota Direksi dan/atau anggota Dewan Komisaris.
  2. Membantu Dewan Komisaris dalam melakukan penilaian kinerja anggota Direksi dan/atau anggota Dewan Komisaris berdasarkan tolok ukur yang telah disusun sebagai bahan evaluasi;
  3. Menentukan calon yang memenuhi syarat sebagai anggota Direksi dan/atau anggota Dewan Komisaris untuk disampaikan kepada RUPS untuk mendapatkan Persetujuan.
II. TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB TERKAIT FUNGSI REMUNERASI
  1. Memberikan rekomendasi kepada Dewan Komisaris mengenai :
    1. Struktur Remunerasi anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris;
    2. Kebijakan atas Remunerasi anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris; dan
    3. Besaran atas Remunerasi anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris;
  2. Membantu Dewan Komisaris dalam melakukan penilaian kinerja dengan kesesuaian Remunerasi yang diterima masing-masing anggota Direksi dan/atau anggota Dewan Komisaris.