kembali

31 agustus 2021
Dear Investor, Kencana Energi (KEEN) Mau Tebar Dividen Rp14,33 Miliar

IDXChannel - Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS), Selasa (31/8/2021) PT Kencana Energi Lestari Tbk (KEEN) akan membagikan dividen sebesar USD 1 juta atau setara Rp14,33 miliar. 

Adapun angka tersebut merupakan 11,57 persen dari laba bersih tahun 2020. Wakil Direktur Utama Kencana Energi Lestari, Wilson Maknawi mengatakan, meskipun tahun 2020 yang penuh goncangan ekonomi akibat Pandemi Covid-19 telah menekan kinerja perekonomian nasional, tetapi pendapatan Perseroan meningkat.  

"Pendapatan Perseroan meningkat 7,2 persen menjadi USD 25,3 juta pada tahun 2020 dibandingkan realisasi pendapatan pada tahun sebelumnya sebesar USD 23,6 juta," ujar Wilson dalam keterangan tertulis, Selasa (31/8/2021). 

Wilson menambahkan, salah satu faktor pertumbuhan kinerja tersebut dikontribusikan oleh adanya peningkatan produksi listrik Perseroan sebesar 2 kali lipat selama 2020. Pertumbuhan tersebut menopang peningkatan laba tahun berjalan Perseoran sebesar 136,9 persen menjadi USD 8,6 juta pada tahun 2020 dibandingkan realisasi laba pada tahun 2019 sebesar USD 3,6 juta.   

"Kinerja keuangan Perseroan pada tahun 2020 mencerminkan bahwa Pandemi Covid-19 yang berdampak buruk bagi perekonomian nasional, tetapi masih dapat dihadapi oleh Perseroan dengan kinerja yang cukup positif di sepanjang 2020," kata dia. 

Dari sisi produksi, Perseroan telah mengembangkan PLTA di Sumatera Utara, yaitu PLTA Pakkat berkapasitas 18 MW. PLTA ini dikembangkan oleh anak usahanya, yaitu PT ESS. Selain itu, Perseroan melalui anak usaha lainnya, yaitu PT BTL, mengembangkan PLTA di Bengkulu, yakni PLTA Air Putih. PLTA ini sudah beroperasi sejak Januari 2020. Energi listrik yang dihasilkan PLTA ini hingga akhir tahun 2020 telah mencapai 110 GWh, atau mencapai 99 persen dari target produksi tahun 2020. Kini, Perseroan mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Madong di Toraja Utara. Ke depan, Perseroan akan mengembangkan usaha kelistrikan ini ke Sumatera dan Sulawesi.  

Perseroan akan tetap memegang teguh komitmen untuk mendorong perkembangan energi baru terbarukan dan berupaya untuk memberikan pertumbuhan yang lebih menguntungkan di tahun mendatang. 

Selain membagikan dividen, para pemegang saham menyetujui untuk menggunakan laba bersih Perseroan untuk tahun fiskal 2020 sebesar USD 8,64 juta untuk keperluan tertentu. Sementara itu, sebesar USD 7,64 juta akan dialokasikan sebagai laba ditahan atau operasional Perseroan.  

Kemudian, para pemegang saham menyetujui untuk menunjuk kembali seluruh anggota Direksi Perseroan untuk periode dua tahun berikutnya, efektif sejak akhir RUPST sampai penutupan RUPST Perseroan tahun 2023, dengan komposisi berikut: 


Dewan Komisaris  

Komisaris Utama: Albert Maknawi 

Komisaris: Jeanny Maknawi Joe  

Komisaris Independen: Sim Idrus Munandar 

Komisaris Independen: Freenyan Liwang

Direksi 

Direktur Utama: Henry Maknawi 

Wakil Direktur Utama: Wilson Maknawi 

Direktur: Rusmin Cahyadi 

Direktur: Karel Sampe Pajung 

Direktur: Giat Widjaja

(SANDY)


Sumber : https://www.idxchannel.com/market-news/dear-investor-kencana-energi-keen-mau-tebar-dividen-rp1433-miliar

kembali