kembali

06 oktober 2021
PLTA Air Putih Beroperasi Penuh, Laba KEEN Naik 6,8 Persen

Merdeka.com - Emiten penyedia energi baru terbarukan PT Kencana Energi Lestari Tbk (KEEN) membukukan kenaikan laba 6,8 persen menjadi USD5,13 juta pada kuartal II 2021 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya USD4,81 juta seiring dengan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Air Putih di Bengkulu yang telah beroperasi penuh.

Wakil Presiden Direktur KEEN Wilson Maknawi mengatakan, pertumbuhan laba ditopang oleh pendapatan yang mencapai USD18,2 juta pada kuartal II 2021 atau naik 128,9 persen dari kuartal II 2020 sebesar USD7,95 juta. Menurut Wilson, kenaikan pendapatan dan laba perseroan tersebut ditopang kenaikan produksi listrik pada PLTA Pakkat dan PLTA Air Putih.

"Proyek Air Putih sudah fully operated sejak awal tahun 2021 sehingga bisa memberi kontribusi signifikan pada kinerja KEEN selama semester pertama 2021," ujar Wilson di Jakarta, dikutip Antara, Rabu (6/10).

Karena kenaikan produksi listrik tersebut, manajemen Kencana Energy memperkirakan, pendapatan perseroan sampai dengan akhir 2021 akan mencapai USD41,8 juta, meningkat dibandingkan pendapatan 2020 sebesar USD25,3 juta. "Sementara laba bersih 2021 kami perkirakan bisa mencapai USD10,7 juta, meningkat dari laba tahun 2020 sebesar USD8,64 juta," kata Direktur Keuangan KEEN Giat Widjaja.

Wilson menyampaikan, pihaknya optimistis bisa mencapai target pertumbuhan sampai akhir 2021 karena proyek Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Madong di Sulawesi Selatan dijadwalkan rampung menjelang 2021. "Progres konstruksi proyek Madong sejauh ini masih sesuai target dan menjelang akhir tahun sudah bisa berproduksi," ujar Wilson.

Jika proyek PLTM Madong beroperasi nanti, maka tahun ini Kencana Energy bisa memasok energi listrik dari tiga unit pembangkit.

Masing-masing PLTA Pakkat, PLTA Air Putih dan PLTM Madong. PLTA Pakkat sejauh ini telah beroperasi maksimal untuk memenuhi suplai kontrak ke PLN. Sedangkan PLTA Air Putih sudah beroperasi penuh sejak awal semester pertama 2021. Sementara konstruksi PLTM Madong sudah mencapai 92,6 persen sampai akhir September 2021.

"Dengan demikian PLTM Madong sudah masuk tahap finalisasi untuk segera beroperasi penuh akhir tahun ini. Dengan demikian sudah ada kontribusi listrik dari proyek KEEN yang ketiga ini," kata Wilson.

Setelah proyek PLTM Madong dituntaskan, lanjut Wilson, belum ada proyek baru yang akan dikerjakan perusahaan. Sejauh ini, proses due diligence untuk akuisi dua proyek PLTM di wilayah Sumatera Utara itu masih dalam proses negosiasi.

Dengan demikian, belum ada informasi signifikan terkait dengan rencana akuisisi tersebut. Meski demikian, rencana akuisisi akan tetap berlanjut setelah proses negosiasi menemui titik terang. [azz]

Sumber : https://www.merdeka.com/uang/plta-air-putih-beroperasi-penuh-laba-keen-naik-68-persen.html

kembali